Fakta Seputar Kanker Kulit Yang Para Wanita Harus Ketahui

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Salah satu jenis kanker yang kerap diderita adalah kanker kulit. Para wanita sering kali melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyakit yang satu ini menghampiri, seperti menggunakan sunscreen, rajin mendatangi klinik kecantikan, sampai menggunakan topi lebar dan juga payung untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas secara langsung. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, ditemukan beberapa fakta tentang kanker kulit yang mungkin belum banyak kita tahu. Yuk simak penjelasannya berikut ini.


· SPF 100 tidak 100% melindungi


Ternyata sunscreen dengan bahan SPF 100% sekalipun tidak dapat melindungi kulit dari penyebab kanker kulit. Sunscreen dengan SPF di atas 30 dapat melindungi kulit hanya sekitar 95% dari penyebab kanker kuilt, itupun jika kamu menggunakannya secara rutin setiap 2 jam sekali.


· UVC juga bisa berbahaya


Kamu pastinya sudah sering mendengar tentang UVA dan UVB, lalu bagaimana dengan UVC? UVC adalah radiasi dengan gelombang pendek yang sebagian besar disaring oleh atmosfer sehingga tidak sampai ke lapisan bumi. Tapi, karena penipisan lapisan ozon, kini kita juga dapat mengalami kontak langsung dengan UVC. Meskipun hubungan antara UVC dan kanker kulit belum diketahui secara jelas, namun UVC memang dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Proteksi dari semua sinar UV sangatlah penting. Disarankan untuk memilih tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan zinc oksida.


· Manfaat kari dan kafein


Jika kamu penggemar makanan kari dan suka sekali minum kopi, maka kamu termasuk salah satu yang beruntung. Kari dan kopi dapat membantu melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum banyak kopi memiliki risiko yang lebih rendah terhadap pertumbuhan sel carcinoma, salah satu jenis kanker kulit. Dan, kunyit, salah satu bahan yang digunakan dalam kari, mengandung curcumin, senyawa antioksidan yang memiliki efek antikanker sehingga dapat mengurangi risiko terserang kanker kulit dan kanker payudara.

Artikel TIPS