Hindari Hal Ini Agar Rambut Tidak Rusak dan Tipis

Rambut adalah mahkota untuk setiap wanita. Bisa dikatakan hampir setiap wanita ingin memiliki rambut yang berkilau, panjang, hitam, lebat, dan sehat. Sayangnya, banyak juga wanita yang mengalami masalah rambut dari mulai kerontokan, kebotakan, tipis, dan lain sebagainya. Beragam cara dan perawatan mahal pun dilakukan untuk mendapat rambut indah. Padahal, tanpa kita sadari, beberapa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari malah membuat rambut rusak dan semakin tipis.


Apa saja kebiasaan buruk yang bisa membuat rambut rusak dan tipis:


1. Mengikat rambut terlalu kuat Buat kamu yang punya kebiasaan mengikat rambut dengan berbagai gaya, disarankan untuk tidak mengikatnya terlalu kuat karena bisa merusak rambut. Terlalu kuat mengikat rambut bisa menarik akar rambut sehingga menjadi rusak serta meninggalkan luka. Akar rambut yang rusak akan menjadi lemah sehingga rambut sulit tumbuh kembali. Kurangi intensitas mengikat rambut, coba sesekali menggerai rambut, terlebih pada saat tidur, agar rambut tetap sehat dan akar rambut tetap kuat.


2. Sering mandi dengan air panas Mandi dengan air panas atau air hangat memang sangat nyaman, apalagi setelah aktivitas seharian yang membuat semua otot kita menjadi kaku. Mandi air panas mampu meregangkan otot-otot kita dan membuat kita merasa lebih rileks. Akan tetapi, terlalu sering mandi dengan air panas juga tidak baik bagi rambut. Kulit kepala bisa kering dan rambut mengalami dehidrasi karena tidak cukup lembap. Selain itu, rambut juga menjadi mudah rontok, kering, dan kusut. Karena itu, jika ingin mencuci rambut, bilaslah dengan air dingin. Dengan begitu, rambut akan tetap sehat dan semakin berkilau.


3. Penggunaan alat penata rambut secara berlebihan Alat penata rambut adalah salah satu benda yang paling sering bersentuhan dengan rambut kita. Alat catok, pengering rambut atau hair dryer, dan alat pengeriting rambut jika digunakan secara berlebihan dapat merusak lapisan pelindung kutikula rambut. Akibatnya, rambut rusak dan semakin tipis. Sebelum menggunakan alat penata rambut, lindungi dulu rambut kamu dengan vitamin rambut. Kurangi juga penggunaan alat penata rambut agar rambut kamu senantiasa sehat.

Artikel TIPS