Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak mengenal bumbu dapur satu ini? Tanaman umbi yang memiliki nama latin Allium sativum atau dalam bahasa Inggis lebih dikenal dengan sebutan garlic ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga dapat berperan sebagai obat herbal dan bermanfaat untuk kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih.


1. Dipercaya mampu memperlambat proses penuaan dini Sebagian orang percaya bahwa rutin mengonsumsi bawang putih mampu memperlambat proses penuaan dini pada kulit kita. Jadi, walaupun memiliki bau menyengat, jangan ragu mengonsumsi bawang putih.


2. Baik untuk ibu hamil Salah satu riset menyatakan bahwa jika ibu hamil rutin mengonsumsi bawang putih, risiko komplikasi pada kehamilan atau pre-eklampsia bisa berkurang. Konsumsi bawang putih juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga darah yang mengalir akan semakin lancar.


3. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi Dengan rajin mengonsumsi bawang putih, kadar kolesterol dalam darah bisa turun dengan lebih cepat. Selain itu, bawang putih juga berkhasiat menstabilkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.


4. Mengurangi risiko pengeroposan tulang panggul Mengonsumsi bawang putih secara teratur akan membantu mengurangi risiko pengeroposan tulang atau osteoarthritis.


5. Mencegah sel kanker berkembang Beberapa penelitian menyebutkan bahwa risiko orang yang mengonsumsi bawang putih terjangkit kanker berkurang sekitar 44% dibandingkan yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Artikel TIPS