Menstruasiku Ngga Teratur, Apakah Normal?

Sebuah Periode Baru Dimulai

Ketika cewe mencapai usia 11 atau 12 tahun, kita mulai menstruasi. Sebagian cewe bahkan mengalami menstruasi pertamanya lebih awal lagi, sekitar usia 9 atau 10 tahun. Kalau kamu sudah berusia 16 tahun dan masih belum mendapat menstruasi juga, kayaknya kamu harus konsultasi ke dokter deh.

Kalau kamu sudah mulai menstruasi, tandanya tubuh kamu sudah mulai berubah jadi tubuh seorang wanita dewasa, kamu sudah mencapai pubertas. Banyak banget perubahan yang bakal terjadi untuk menjadi perempuan dewasa! Tubuh kamu bakal berubah, dan pemikiranmu juga ikutan berubah. Kamu bakal jadi tambah sadar penampilan ketika payudara mulai membesar dan jerawat mulai bermunculan. Kamu juga mulai naksir cowok dan sering merasa pingin sendiri. Semua itu normal kok, karena semua itu adalah bagian dari menjadi dewasa.

Apa yang terjadi sebelum kamu dapat menstruasi pertamamu:

• Kamu bakal merasa bengkak, kembung dan gampang kesal. Kamu juga bakal lebih banyak makan dan ngidam.

• Kamu bakal merasakan sakit-sakit yang nggak jelas di daerah sekitar vagina atau bahkan di punggung bagian bawah atau kaki.

• Kamu akan melihat perubahan pada cairan yang keluar dari vagina. Cairan yang lebih kental dan berwarna kecoklatan adalah tanda kamu bakal segera mendapatkan menstruasi.

Semua yang kamu alami diatas itu biasa disebut PMS (premenstrualsyndrome).

Gimana caranya menyiapkan diri sebelum menstruasi?

• Kamu mungkin bakal merasa agak takut atau sedih ketika hal ini terjadi. Buat cewe-cewe muda, melihat bercak darah di pakaian dalam untuk pertama kalinya ini bisa bikin ngeri juga. Jangan khawatir, wajar kok merasa seperti ini. Kalau kamu mendapatkan menstruasi pertamamu, segera bilang ke mama, tante atau kakak perempuanmu. Mereka pasti bisa memberimu pembalut wanita dan mengajarkanmu bagaimana cara menggunakannya.

• Ibumu bisa membantumu berbelanja pembalut wanita yang tepat. Kamu bisa pilih pembalut yang lebih panjang atau lebih tebal supaya nggak gampang bocor, atau bahkan pakai pembalut overnight yang diciptakaan khusus untuk memberimu perlindungan saat malam atau saat sedang banyak-banyaknya.

• Kalau kamu merasa sakit atau kram perut minta obat penahan sakit ke mama. Tapi jangan lupa, selalu beritahu orang dewasa sebelum minum obat apapun. Jangan sekali-kali mencoba mengobati diri sendiri.

• Menjaga kebersihan diri saat menstruasi tuh penting banget. Pakai sabun yang lembut dan tidak wangi atau gel khusus untuk bagian intim waktu membersihkan daerah ini.

• Jangan lupa tetap jaga kesehatan. Banyak-banyak makan sayur dan buah-buahan. Berolahragalah setiap hari. Terlalu stress dan banyak diet bisa mempengaruhi siklus menstruasimu. Kadang cewek yang mengalami penurunan berat badan dalam waktu yang singkat atau yang overweight bisa mengalami sakit atau kram dan kemungkinan ngga teratur mensnya.

Berapa lama sih menstruasi itu

Banyaknya darah yang keluar saat menstruasi bervariasi buat tiap cewek. Kelihatannya memang banyak kalau kamu melihat bercak darah/flek di pembalut wanita atau tampon, tapi sebenarnya jumlahnya cuma sekitar 2 sampai 5 sendok makan atau 30 sampai 80ml. Darah yang keluar biasanya lebih banyak pada dua hari pertama dan mulai berkurang di hari-hari setelahnya. Jumlah pembalut wanita yang kamu pakai juga bisa menunjukkan apakah kamu mengalami pendarahan yang lebih banyak dari biasanya. Kalau kamu biasanya menggunakan 2 pembalut sehari dan tiba-tiba kamu harus mengganti pembalut setiap jam, ini bisa berarti kamu mengalami pendarahan yang terlalu banyak. Catatlah pola menstruasi kamu dan amati kalau ada yang berubah. Bila merasa khawatir, lebih baik konsultasikan ke dokter.

Artikel MENSTRUASI