Merawat Rambut dengan Beras Jepang

Beras sudah terkenal sebagai salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia yang didapat dari Jepang. Ternyata, beras telah dipercaya sebagai rahasia kecantikan oleh wanita Jepang sejak zaman dahulu. Beras kaya akan antioksidan seperti vitamin E, vitamin B, dan mineral. Penggunaan beras sebagai obat obat dikenal pada 2800 Sebelum Masehi. Saat itu, dokter kerajaan di Jepang menggunakannya untuk menenangkan orang yang mudah marah. Akan tetapi, beras juga bisa digunakan untuk menjadikan kulit dan rambut indah.


Pada zaman dahulu, para wanita Jepang menggunakan air beras untuk merawat rambut sehingga rambut mereka bisa tumbuh sampai mencapai kaki dan tetap halus. Berkeramas dengan air beras sudah menjadi hal yang umum di Jepang. Air dari beras Jepang memang sangat baik untuk digunakan sebagai konditioner rambut karena mengandung karbohidrat inositol yang bisa melindungi dan mempercantik rambut.


Manfaat lain beras Jepang untuk perawatan rambut yaitu sebagai berikut.


- Menambah elastisitas rambut


- Mengurangi infeksi pada kulit kepala


- Menguatkan batang rambut


- Membantu mengurangi kerusakan


- Membuat rambut bersinar dan mudah diatur


Air beras yang digunakan adalah yang didapat dari mencuci beras. Namun, pastikan air beras berasal dari beras yang sehat sehingga tidak ada kutu beras yang tersisa di air rendamannya. Gunakan air cucian beras yang masih berwarna keputihan untuk perawatan rambut karena di sana vitamin dari beras berkumpul.


Bagaimana cara memperoleh manfaat beras Jepang untuk rambut? Yuk, kita simak.


* Pertama, keramas terlebih dahulu menggunakan sampo seperti biasa, setelah itu bilas dengan air bersih.


* Setelah dibilas dengan air, siramkan air beras pada rambut secara menyeluruh. Agar air beras tidak membasahi bagian tubuh, kamu bisa menundukkan kepala terlebih dulu baru kemudian siramkan secara perlahan.


* Diamkan selama kurang lebih 3 menit. Selama menunggu, berikan pijatan pada kulit kepala dengan lembut untuk membuka pori-pori pada kulit kepala agar manfaat air beras bisa bekerja secara optimal.


* Setelah itu, baru bilas kembali dengan air bersih hingga benar-benar bersih.

Artikel TIPS