Tips Mengatasi Mood Swing Pada Saat Menstruasi

Menjelang haid, banyak wanita mengalami sindrom prahaid atau premenstrual syndrom (PMS). Gejala-gejalanya bisa meliputi gangguan kesehatan seperti pusing atau gangguan psikologis seperti mood swing. Mood swing atau perubahan suasana hati yang ekstrem dalam waktu singkat bisa terjadi pada semua orang. Namun, pada wanita, mood swing kerap terjadi karena perubahan hormonal menjelang datangnya masa haid. Gejala mood swing antara lain emosi naik-turun dalam rentang waktu yang singkat, emosi mudah tersulut sehingga gampang marah, mudah tersinggung, sering menangis, kerap galau, bahkan sukar memusatkan perhatian.


Mood swing bisa diatasi lho. Yuk simak tips berikut ini.


1. Cukupi tubuh dengan asupan gizi yang baik Agar metabolisme dalam tubuh terjaga, konsumsilah makanan yang bergizi. Konsumsi sayur-mayur seperti bayam dan sawi perlu kamu perbanyak. Selain itu, makanlah makanan yang tinggi vitamin B kompleks seperti daging, telur, kentang, dan sereal. Karbohidrat kompleks juga baik dikonsumsi saat haid karena bisa memacu peningkatan serotonin dalam tubuh. Serotonin bisa meminimalkan terjadinya mood swing yang terjadi akibat meningkatnya hormon reproduksi.


2. Carilah dukungan positif dari lingkungan sekitar Ketika mengalami mood swing, kita pasti sangat menghargai dukungan dan kalimat positif dari siapa pun. Terlebih lagi jika semangat itu datang dari orang terdekat di rumah, sekolah, kampus, maupun tempat kerja. Ingatlah untuk bergaul dengan orang-orang yag bisa meningkatkan semangat dan membuat kita nyaman. Sebisa mungkin, hindari orang-orang yang ucapan dan tingkah lakunya hanya membuat kita bertambah marah atau stres.


3. Lakukan olahraga secara teratur Cobalah rutin melakukan jogging atau aerobik. Olahraga merupakan salah satu cara jitu untuk meningkatkan hormon endorfin yang berperan dalam melancarkan aliran darah. Jika aliran darah lancar, jantung lebih sehat, migrain berkurang, dan emosi terjaga. Selain itu, tubuh jadi tidak gampang lemas.


4. Beristirahat yang cukup Agar stamina terjaga, kita perlu tidur cukup. Meski terkesan sederhana, tidur memegang peranan penting dalam menyegarkan organ tubuh kita. Istirahat yang cukup dan tidak berlebihan bisa memulihkan mood sehingga tubuh pun tetap relaks dan segar selama menstruasi.


5. Perbanyaklah minum air putih Agar tubuh tetap fit dan segar, cukupi kebutuhan air putih. Memperbanyak minum air putih bisa mengurangi nyeri perut serta meredakan emosi saat dilanda mood swing.

Artikel MENSTRUASI