Cintai Zona V-mu Luar Dalam

MENSTRUASI

Jerawat memang tidak bisa di pisahkan dari kehidupan remaja meski orang dewasa terkadang dikarenakan penyebab tertentu tetap memiliki masalah satu ini. Jerawat atau bahasa medisnya Acne Vulgaris merupakan masalah ‘klasik’ kulit wajah (dahi, hidung dan pipi) meskipun bisa ditemukan di leher, bahu dada atau punggung, terutama bagi remaja.


Kenapa jerawat bisa muncul? Penyebab dari timbulnya jerawat adalah ;


Hormonal, faktor terbesar biasanya terkait dengan masalah hormonal pada usia remaja. Pada umumnya jerawat dimulai pada usia 10 hingga 15 tahun dan akan hilang ketika memasuki usia 25 tahun, namun pada sekitar 7% orang, jerawat berlanjut hingga usia 40 tahun, bahkan 50 tahun. Pada kondisi tertentu seperti wanita dan remaja cewe pada 2-7 hari sebelum periode menstruasi, wanita hamil dan pasien pengguna obat tertentu seperti kortison, steroid, testosteron, estrogen dan fenitoin memiliki faktor risiko untuk mengalami jerawat Riwayat keluarga berjerawat, dimana jika orang tua berjerawat maka anak mungkin akan berjerawat juga. Produksi minyak berlebihan di wajah (sebum) Pengelupasan sel kulit mati yang tidak teratur yang dapat mengiritasi folikel di kulit Adanya bakteri Propionibacterium acne karena kurangnya kebersihan kulit. Kulit sensitive Alergi minuman atau makanan tertentu seperti susu, makanan laut (seafood), makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, vitamin A tinggi dan vitamin E yang rendah, Stres Kontak langsung dengan produk untuk rambut atau kosmetik yang mengandung minyak. Adanya friksi atau tekanan pada kulit disebabkan hal tertentu seperti telepon atau telepon selular, helm, kerah baju yang ketat, dan ransel.


Untuk mencegah atau meminimalkan munculnya jerawat bisa diusahakan dengan tips sebagai berikut ;


a) Bersihkan daerah yang berpotensi munculnya jerawat setidaknya dua kali sehari tergantung dari aktifitas sehari-hari. Bersihkan dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. b) Gunakan krim atau gel jerawat untuk membantu mengurangi kelebihan minyak, akan lebih baik jika didapatkan dari resep dokter kecantikan. c) Apabila menggunakan make-up, bersihkan segera make up jika kulit wajah terasa berkeringat berlebihan atau dirasakan sudah lama make up tersebut digunakan karena make up terutama make up yang berat dan lama akan menutup pori-pori kulit sehingga memudahkan munculnya jerawat dikemudian hari. d) Bersihkan make-up sebelum tidur. e) Gunakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang ketat dapat menyebabkan naiknya suhu tubuh sehingga mudah berkeringat dan lembab, sehingga dapat mengiritasi kulit. Jika memungkinkan, hindari tali pengikat yang terlalu rapat, ransel, helm dan alat olahraga yang dapat menimbulkan friksi dengan kulit. f) Mandi setelah beberapa saat selesai berolahraga atau bekerja yang mengeluarkan keringat. Ini dilakukan karena minyak dan keringat di kulit dapat menjerat kotoran dan bakteri


Tak kalah penting adalah mencegah agara jerawat tidak menjadi semakin buruk, perhatikan hal-hal dibawah ini ;


Jangan membiasakan memencet jerawat, apalagi jika tangan tidak bersih karena hanya akan memperparah jerawat tersebut sehingga muncul luka lain atau infeksi. Jika timbul luka akibat jerawat, dapat dioleskan Betadine untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan. Hindari makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc. Jerawat yang membandel harus diatasi segera. Prinsip pengobatan jerawat bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak, mempercepat pergantian sel kulit, melawan infeksi bakteri, mengurangi peradangan atau merupakan kombinasi dari keseluruhannya. Pada dasarnya keluhan berupa jerawat bukanlah masalah medis yang serius, jerawat pada kebanyakan kasus akhirnya akan lenyap dengan sendirinya. Jika kamu mengalami jerawat yang menetap atau yang telah meradang, disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menghindari terjadinya noda bekas jerawat dan kerusakan kulit lebih lanjut. Perlu diingat bahwa pengobatan jerawat tidak dapat dilakukan dengan instan. Hasil baru dapat terlihat dalam hitungan minggu bahkan bulan tergantung dari jenis dan keteraturan perawatan, sehingga diperlukan kesabaran dalam mengatasi jerawat.


Semoga bermanfaat. Kembali